sales motoris

5 Perbedaan Antara Sales Motoris dan Sales Canvasser

Dalam dunia penjualan, terdapat beragam peran yang berperan penting dalam mencapai target penjualan. Dua peran utama adalah sales motoris dan sales canvasser. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan penjualan, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam pendekatan dan tugasnya. Artikel ini akan menjelaskan lima perbedaan antara sales motoris dan sales canvasser, serta memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Metode Penjualan

Sales motoris biasanya bertugas menjual produk secara langsung ke konsumen di lapangan. Mereka menggunakan kendaraan motor untuk menjangkau pelanggan di berbagai lokasi. Sebaliknya, sales canvasser lebih fokus pada pencarian prospek atau pelanggan potensial. Mereka melakukan survei pasar, mencari daftar kontak potensial, dan membuat janji temu untuk menjelaskan produk kepada calon pelanggan. Perbedaan utama di sini terletak pada pendekatan langsung versus pendekatan yang lebih proaktif dalam mencari pelanggan.

2. Mobilitas

Salah satu perbedaan yang signifikan antara sales motoris dan sales canvasser adalah dalam hal mobilitas. Sales motoris cenderung memiliki mobilitas yang lebih tinggi karena mereka mengandalkan kendaraan bermotor untuk menjangkau berbagai daerah. Mereka harus siap untuk bepergian jarak jauh untuk menemui pelanggan. Di sisi lain, sales canvasser biasanya bekerja di daerah tertentu dan tidak memerlukan mobilitas yang tinggi. Mereka dapat berkonsentrasi pada wilayah tertentu untuk mencari pelanggan potensial.

3. Interaksi dengan Pelanggan

Sales motoris lebih sering berinteraksi langsung dengan pelanggan di lapangan. Mereka memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk secara langsung dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Sebaliknya, sales canvasser mungkin memiliki interaksi yang lebih singkat dengan pelanggan potensial, terutama saat mereka melakukan pendekatan awal. Mereka perlu meyakinkan calon pelanggan untuk membuat janji temu lebih lanjut atau mencoba produk yang ditawarkan.

4. Tingkat Keterlibatan

Sales motoris biasanya terlibat dalam seluruh proses penjualan, mulai dari menjelaskan produk hingga menyelesaikan transaksi. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan pelanggan puas dengan pembelian mereka. Di sisi lain, sales canvasser mungkin hanya terlibat dalam tahap awal proses penjualan, yaitu mencari dan menghubungi pelanggan potensial. Setelah pelanggan menunjukkan minat, tugas mereka mungkin berakhir dan diambil alih oleh tim penjualan lainnya.

5. Fokus Penjualan

Sales motoris umumnya memiliki fokus yang lebih spesifik pada produk atau layanan tertentu. Mereka mendapatkan pelatihan mendalam tentang produk yang mereka jual dan seringkali memiliki target penjualan yang harus mereka capai. Sebaliknya, sales canvasser mungkin menjual berbagai produk atau layanan dari berbagai perusahaan. Mereka perlu memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai produk untuk dapat mengkomunikasikan nilai tambah dari setiap produk kepada pelanggan potensial.

Memahami perbedaan antara sales motoris dan sales canvasser dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan strategi penjualan mereka.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *