Apa Itu Bitcoin? Simak Penjelasan Berikut!

Apa itu Bitcoin? Investasi yang sedang menjadi primadona di kalangan milenial. terlebih lagi dengan meningkatnya literasi digital tentang Cryptocurrency, tak pelak lagi keberadaan Bitcoin mampu menggeser instrumen investasi lainnya.

Pengertian Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diciptakan pada tahun 2019 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto, Ditengarai nama yang digunakan adalah nama samaran. Untuk menjawab apa itu Bitcoin, simak penjelasan di bawah ini.

Mata Uang Digital

Sebagai mata uang digital baru, Bitcoin juga dapat digunakan sebagai alat transaksi dalam situasi yang sangat terbatas. Saat ini, Bitcoin digunakan dalam transaksi non perbankan yang dilakukan menggunakan internet. Keuntungannya adalah transaksi ini tidak menggunakan jasa perantara.

Sistem Bitcoin

Bitcoin menggunakan sebuah  sistem yang dikenal dengan sebutan peer to peer atau P2P. Bedanya adalah sistem yang bekerja tidak membutuhkan perantara atau administrator tunggal dan merupakan mata uang yang terdesentralisasi.

Tidak seperti mata uang lainnya yang bergantung pada bank sentral suatu negara yang mempunyai kewenangan untuk menerbitkan mata uang. Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit mata uang, melainkan menggunakan suatu database yang didistribusikan. Pendistribusiannya hingga ke node-node jaringan P2P sampai ke jurnal transaksi investor.

Cara Kerja Bitcoin

Cara kerja Bitcoin berbeda dengan cara kerja mata uang lainnya. Simak cara kerja Bitcoin di bawah ini.

Walet

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat wallet Bitcoin. Langkah ini dilakukan agar Anda memiliki alamat Bitcoin. Anda disarankan untuk menggunakan alamat ini sekali saja.

Blockchain

Rantai blok atau blockchain adalah sebuah sistem yang berfungsi sebagai suatu cara pendokumentasian publik. Semua transaksi yang telah dikonfirmasikan akan tersimpan pada rantai blok ini. Sementara wallet digunakan untuk menyimpan Bitcoin dapat menghitung banyaknya sisa  yang dapat dibelanjakan. Catatan ini juga  berfungsi sebagai alat untuk mengkonfirmasikan transaksi-transaksi baru yang dilakukan  oleh pengguna.

Private Keys

Private Keys merupakan transaksi transfer nilai yang dilakukan antar wallet Bitcoin dan masuk ke dalam rantai blok. Wallet Bitcoin  ini menyimpan data rahasia yang dikenal dengan privat keys.

Itulah sebagian pembahasan tentang apa itu Bitcoin. Dengan mengenali sejarahnya, maka Anda akan dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.