Mengenal Lebih Dalam 4 Fakta Tentang Gula Putih dan Gula Coklat

Pada umumnya, kita mengenal dua jenis pemanis yang bisa kita gunakan pada berbagai jenis makanan dan minuman. Kedua jenis gula tersebut merupakan gula putih dan gula coklat. Lantas, hal apa saja sih yang membedakan gula putih dan gula coklat? Lalu, mana yang harus kita pilih di antara gula putih dan gula coklat? Untuk mencari tahu jawabannya, simak pada ulasan yang ada di bawah ini ya!

1. Gula coklat dianggap lebih menyehatkan

Gula putih seringkali dianggap sebagai penyebab diabetes, sementara itu, gula coklat dianggap sebagai gula yang dapat menjadi pilihan yang lebih baik karena lebih menyehatkan dibandingkan gula putih. Anggapan ini ternyata perlu ditinjau lebih dalam karena kita harus mengetahui dahulu perbedaan nutrisi di antara keduanya.

2. Perbedaan kandungan nutrisi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gula putih dan gula coklat memiliki kandungan nutrisi yang berbeda karena pada umumnya, gula coklat terbuat dari molase yang dicampur dengan gula putih. Molase inilah yang memberikan warna gelap pada gula coklat sehingga ada juga peningkatan kadar gizi pada gula tersebut. Perbedaan nutrisi antara gula putih dan coklat juga terlihat karena gula coklat memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan kalium yang sedikit lebih tinggi.

3. Kandungan kalori gula coklat lebih sedikit

Dibandingkan dengan gula putih, gula coklat ternyata memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit. Akan tetapi, perbedaan kandungan kalori tersebut tidaklah banyak. Apabila kita bandingkan, maka satu sendok teh gula coklat yang setara dengan 4 gram memiliki kandungan kalori sebanyak 15 kalori. Sementara itu, gula putih memiliki kandungan kalori sebanyak 16,3 kalori.

4. Tidak ada yang lebih baik

Ketika ditanya mana yang sebaiknya dikonsumsi antara gula putih dan gula coklat, maka jawabannya ialah tidak ada. Benar, jadi tidak ada jawaban pasti terhadap produk mana yang sebaiknya kita konsumsi karena hal tersebut merupakan preferensi masing-masing orang. Soalnya, perbedaan antara gula putih dan gula coklat terletak pada aspek rasa dan warna.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.