Penyebab Sakit Telinga dan Cara Penanganannya – SehatQ

Telinga merupakan indra pendengar yang sangat penting bagi manusia setiap hari. Sehingga ketika telinga terasa sakit atau merasakan gejala yang aneh. Solusi terbaik adalah segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat sakit telinga yang tepat.

Karena manusia sangat tergantung kepada fungsi telinga sebagai alat untuk mendengarkan suara dan menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga ketika telinga terasa sakit pasti akan mengganggu semua kegiatan yang biasa dilakukan.

 

Hal Yang Menyebabkan Sakit Telinga

Penyebab dari sakit telinga ini pada umumnya banyak sekali faktor dan juga reaksi yang ditimbulkannya. meskipun biasanya terjadi pada salah satu telinga saja, namun pada kondisi tertentu juga dapat juga menyerang keduanya.

Biasanya gejala yang dirasakan adalah rasa nyeri yang terus menerus atau hilang timbul. Dengan intensitas yang bervariasi, terasa ringan sampai tajam. Terkadang juga telinga terasa perih atau panas yang sangat menyiksa.

Ketika merasakan sakit telinga ini biasanya akan mempengaruhi banyak hal. Seperti malas mengerjakan sesuatu, susah tidur bahkan juga menjadi tidak nafsu makan. Beberapa hal yang menjadi penyebab dari sakit telinga ini adalah sebagai berikut:

Infeksi Telinga Bagian Tengah

Infeksi telinga bagian tengah ini dalam dunia medis dikenal sebagai otitis media. Penyakit ini umumnya terjadi akibat adanya penumpukan cairan di saluran telinga tengah. Yang mana cairan ini terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Biasanya penderita akan mengalami demam dan kehilangan pendengaran.

Infeksi Sinus

Infeksi sinus adalah peradangan dan pembengkakan pada sinus atau selaput lendir. Biasanya terjadi akibat infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau jamur. Infeksi ini menyebabkan cairan terperangkap di bagian belakang telinga sehingga menimbulkan rasa sakit.

Otitis Eksterna

Penyakit ini biasa disebut dalam dunia kedokteran sebagai Swimmer’s ear, atau otitis eksterna. Biasanya terjadi akibat air yang tidak bersih terperangkap di saluran telinga bagian luar setelah berenang. Kondisi inikah yang menyebabkan bakteri penyebab infeksi tumbuh.

Iritasi Atau Cedera

Terkadang penyebab dari Iritasi atau cedera, adalah akibat gendang telinga pecah atau mengorek telinga menggunakan jari maupun cotton bud sehingga menimbulkan luka. Akibatnya telinga akan terasa nyeri dan sakit yang seringkali timbul tenggelam atau bertahan.

Masih banyak lagi hal yang menyebabkan telinga menjadi sakit dan harus Anda waspadai. Contohnya adalah beberapa hal dibawah ini yang akibatnya juga bisa fatal bagi pendengaran Anda.

  • Alergi
  • Sakit tenggorokan
  • Infeksi gigi
  • Gigi berlubang
  • Penumpukan kotoran telinga
  • Perubahan tekanan akibat ketinggian (barotrauma)
  • Arthritis atau radang sendi pada rahang
  • Temporomandibular joint syndrome (TMJ)

Ketika Anda mengalami beberapa gejala di atas dan merasa tidak tertahankan sakitnya. Sebelum pergi ke dokter THT, Anda dapat mencoba mencari informasi di forum kesehatan seperti sehatQ. Sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat.

Perawatan Rumahan Dan Obat Alami

Sebelum menggunakan obat-obatan medis Anda juga dapat mencoba mengatasinya dengan perawatan rumahan dan obat alami. Langkah-langkahnya adalah seperti panduan dibawah ini:

Tidur Tegak

Ketika merasa telinga sangat sakit, Anda dapat mencoba tidur dengan posisi tegak agar meredakan sakitnya. Anda juga dapat mengganjalnya dengan menggunakan dua bantal atau lebih agar lebih nyaman. Sehingga cairan di telinga dapat mengalir dengan lancar dan mengurangi rasa sakit.

Mengompres Telinga

Agar terasa lebih nyaman dari rasa nyeri yang mendera, Anda juga dapat melakukan kompres panas atau dingin. Sehingga otot-otot menjadi rileks dan peredaran darah menjadi lancar. Selain itu juga dapat mencegah perangan. Tempelkan secara terus menerus kira-kira selama 10 sampai dengan 20 menit.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.