TNI Gandeng Mahasiswa Gelar Serbuan Vaksinasi di Tol Jagorawi

Markas Besar (Mabes) TNI dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkolaborasi menggelar Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi (Jakarta Bogor Ciawi) dari 1 sampai 30 September 2021. Gelaran vaksinasi ini menggandeng perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah universitas. "Dalam penyelenggaraan vaksinasi kali ini, kita ikut membantu dalam kerelawanan non Nakes. Misalnya registrasi, pengatur alur atau runner, data check out, itu kita bantu di lima titik," kata Ketua BEM Universitas Indonesia (UI) Leon Alvinda Putra dalam keterangan, Kamis (2/9/2021).

Menurut Leon, sejumlah kampus terlibat dalam kerelawanan vaksinasi ini. Jumlah relawan dari seluruh mahasiswa sekitar 50 orang. "Kalau perhari ada 26 orang. Mereka dibagi shift karena ada kuliah juga," ujar Leon. Leon mengatakan aksi kerelewanan ini bentuk sikap terjun langsung mahasiswa dalam membantu penanganan Covid 19.

Meski demikian, kata Leon, mahasiswa tetap kritis dalam menyikapi penanganan Covid 19 "Selama ada kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan vaksinasi misalnya, tentu kita berharap teman teman bisa atau mau bergabung," ujar Leon. Pihak Mabes TNI Kolonel Piter Dwi Ardianto menambahkan pihaknya sengaja mengikutsertakan para mahasiswa untuk menjadi relawan non Nakes.

Piter berharap pelaksanaan vaksinasi di Tol Jagorawi selama kurang lebih sebulan ini berjalan lancar. Adapun vaksinasi dilakukan di dua arah. Dari Jakarta arah ke Bogor atau Ciawi, lokasi vaksin drive thru digelar di Eks Gerbang Tol Cibubur Utama KM 14, berupa vaksin Pfizer. Sementara dari Bogor arah ke Jakarta, lokasi vaksin digelar di eks Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama KM 18. Vaksin yang diberikan berupa Sinovac.

Namun sebelum melakukan vaksin drive thru, masyarakat diminta melakukan pendaftaran dan screening. Pendaftaran dilakukan di tempat berbeda dengan lokasi vaksinasi. Dari arah bogor ke Jakarta, pendaftaran bisa langsung di Rest Area Km 38+200 B dan Rest Area Km 21+400 B. Sementara dari arah Jakarta ke Bogor, masyarakat wajib melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui https://serbuanvaksin24.org/jagorawi atau di KM 10. Pendaftaran secara daring ini dibuka satu hari sebelumnya setiap pukul 16.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.